Apa Adanya

Tour Of Singkarak “mengundang” Amstrong

Posted on: Maret 31, 2009

Balap sepeda Tour of Singkarak di Sumatera Barat yang akan menjadi agenda tahunan, tahun 2009 ini memulai debutnya. Digelar 30 April sampai dengan 3 Mei 2009, balap sepeda berskala internasional ini hanya menargetkan 15 tim peserta.

Selain tim-tim dari Asia, empat tim Eropa sudah memastikan ikut serta. Panitia penyelenggara juga merencanakan akan mengundang pebalap kelas dunia Lance Amstrong dari Amerika Serikat.

Demikian dikemukakan Direktur Jenderal Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI Sapta Nairwandar Sari Marajo, Wakil Gubernur Sumatera Barat Marlis Rahman, Sekretaris Jenderal PB ISSI Syofyan Rujian, dan Chief Commisaire Tour d Indonesia Jamaluddin Mahmood, ketika memberikan penjelasan bersama kepada pers, Senin (19/1) di Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Jakarta.

Sapta Nairwandar mengatakan, Tour of Singkarak 2009 memadukan konsep pariwisata dan olahraga, dengan visi mempromosikan pariwisata Indonesia melalui kegiatan olahraga balap sepeda yang berskala internasional.

“Departemen Kebudayaan dan Pariwisata beserta PB ISSI sebagai penanggung jawab teknis merencanakan suatu konsep teknis perlombaan yang berkaitan dengan promosi wisata provinsi Sumatera Barat dan Visit Indonesia Year 2009,” katanya.

Menurut Sapta Nairwandar, rute/tahapan balap sepada Tour of Singkarak 2009 sejauh 459,6 kilometer akan melewati daerah-daerah wisata unggulan mulai dari Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kabupaten Tanahdatar, Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok. Keindahan alam, seni-budaya, dan kuliner di Sumatera Barat sangat menarik, sehingga dari 44 negara yang diundang, 15 tim/negara yang ditargetkan jadi peserta sudah terpenuhi.

“Tour of Singkarak berhadiah total 60.000 dollar AS. Rencana mengundang pebalap sepeda kelas dunia Lance Amstrong dalam pertimbangan, karena selama tiga hari perlombaan, ia minta bayaran 1,5 juta dollar AS,” tambahnya.

lance-amstrong

Wakil Gubernur Sumbar Marlis Rahman mengatakan, Sumatera Barat dalam peta pariwisata Indonesia merupakan daerah tujuan wisata utama, dan menjadi pintu gerbang pariwisata Indonesia bagian barat. “Persentase kunjungan ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mencapai 33,6 persen dan adalah yang terbesar di Indonesia tahun 2008,” ujarnya.

Dengan adanya agenda balap sepeda Tour of Singkarak 2009, diharapkan kedatangan wisatawan mancanegara dan juga nusantara, akan meningkat. Keindahan alam Ranah Minangkabau yang beragam, mulai dari banyaknya pantai yang menarik, daerah pegunungan berapi yang memukau, lembah dan ngarai yang tak ada bandingannya, bahkan danau-danau vulkanik dengan lingkungan yang asri, kota dengan bangunan tua yang lestari, diyakini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta lomba.

Peserta juga akan dapat merasakan menu minuman penambah energi khas Ranah Minangkabau, seperti teh talua (teh telur), jus pinang, jus markisa (buah tropis terbaik di dunia), dan teh istimewa kajoe aro (teh terbaik dunia, tumbuh di daerah paling tinggi). Para paserta dan wisatawan juga akan dapat menikmati seni-budaya khas, seperti lukah gilo, silat tupai janjang, dan sebagainya. Dwiki Dharmawan juga mempersembahkan konser musik yang melibatkan 100 musisi, 70 musisi di antaranya dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia Padangpanjang.

Menyambut baik

Sekjen PB ISSI Syofyan menyambut baik agenda baru balap sepeda Tour of Singkarak 2009, yang tahun-tahun berikutnya akan dipastikan banyak negara yang ikut serta.

“Pebalap sepeda Asia dari ranking satu sampai 100 akan hadir. Sedangkan pebalap sepeda ranking dunia ada juga yang ikut, tapi belum banyak,” jelasnya.

Senada dengan itu, Jamaluddin Mahmood mengatakan, Tour of Singkarak akan punya masa depan yang cerah untuk dinaikkan peringkatnya. Dari undangan yang dikirim, selain tim -tim Asia , tim balap sepeda dari Denmark, Belanda, Swiss, dan Jerman sudah memastikan ikut serta.

Jarak tempuh sejauh 459,6 km itu, akan melewati lima etape, yakni etape I ( Team Time Trial) di Kota Padang mengelilingi Lapangan Imam Bonjol, sejauh 4 km. Etape II , dengan star di Pantai Padang menuju Bukittinggi, sejauh 92,3 km. Etape III, Bukittinggi-Sawahlunto sejauh 85,1 km, etape IV Sawahlunto-Danau Singkarak sejauh 90,2 km. Dan etape V, Danau Singkarak-Danau Kembar-Danau Singkarak sejauh 188 km.

Tipe lomba meliputi pro-continental team, continental team, national team, dan club team. (NAL)

(disadur dari kompas.com Senin, 19 Januari 2009 | 18:21 WIB)

tuh cerita berita buat tim balap sepeda indonesia..djarum black atau djarum black slimznation.

3 Tanggapan to "Tour Of Singkarak “mengundang” Amstrong"

Indonesia kaya akan budaya, sungguh elok jika itu bisa dipromosikan keluar. Hanya saja sebuah pesan dari saya, ketika upaya promosi berhasil mengguide para turis mancanegara untuk singgah ke negara kita, mantapkan hati untuk tetap menjadi sosok yang sama. Satu sosok, Indonesia. Jangan sampai engkau melebur, apalagi sampai kehilangan jati diri. Tetaplah kau menjadi dirimu wahai ibu pertiwi

Menyambut baik Tour of Singkarak, ini membuka hati bagaimana menjadi tuan rumah yang ramah. Momen ini hanya sekali kalau kesannya cacat maka selmanya daerah kita dilecehkan. Tour of Singkarak salah satu bagian olah raga yang menguji kemampuan jantung dan paru-paru. Maka segala musuh paru2 seperti rokok dll harus dihentikan. No to Smoking. Buat Pak Walikota Fauzi Bahar, tolong menjadi perhatian khusus tentang reklame rokok yang bergantayangan disegala jurusan jalan. MALU AWAK ROKOK DIIKLANKAN BASEPEDA BALAGAKAAN.

Menyambut baik Tour of Singkarak, ini membuka hati bagaimana menjadi tuan rumah yang ramah. Momen ini hanya sekali kalau kesannya cacat maka selmanya daerah kita dilecehkan. Tour of Singkarak salah satu bagian olah raga yang menguji kemampuan jantung dan paru-paru. Maka segala musuh paru2 seperti rokok dll harus dihentikan. No to Smoking. Buat Pak Walikota Fauzi Bahar, tolong menjadi perhatian khusus tentang reklame rokok yang bergantayangan disegala jurusan jalan. MALU AWAK ROKOK DIIKLANKAN BASEPEDA BALAGAK AN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Maret 2009
S S R K J S M
    Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

blog award 2009

Internet Sehat

Toko Buku Online


Masukkan Code ini K1-Y56DB5-4
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Lokasi Pengunjung Online

pengunjung Online

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Berita TV One

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog terbaik

Blog Terbaik
%d blogger menyukai ini: