Apa Adanya

antibiotik dan diare

Posted on: Maret 31, 2009

Antibiotik adalah obat yang membunuh atau memperlambat pertumbuhan bakteri. Antibiotik adalah salah satu kelas “antimikroba”, yaitu kelompok obat yang mencakup termasuk obat antivirus, antijamur, dan antiparasit. Obat semacam ini tidak berbahaya bagi tubuh manusia, sehingga dapat digunakan sebagai mengobati infeksi. Istilah ini awalnya hanya digunakan untuk formulasi yang diperoleh dari makhluk hidup, tetapi sekarang antimikroba buatan juga termasuk di dalamnya, seperti sulfonamida.Tidak seperti perawatan infeksi sebelumnya, yang menggunakan racun seperti striknin, antibiotik dijuluki “peluru ajaib”: obat yang membidik penyakit tanpa melukai tuannya. Antibiotik tidak efektif menangani infeksi akibat virus, jamur, atau nonbakteri lainnya, dan individu antibiotik sangat beragam keefektifannya dalam melawan berbagai jenis bakteri.

antibiotik

Ada antibiotik yang membidik bakteri gram negatif atau gram positif, ada pula yang spektrumnya lebih luas. Keefektifannya juga bergantung pada lokasi infeksi dan kemampuan antibiotik mencapai lokasi tersebut. Antibiotik yang dimakan adalah pendekatan yang mudah jika efektif, dan antibiotik melalui infus dignakan untuk kasus yang lebih serius. Antibiotik kadangkala dapat digunakan setempat, seperti tetes mata dan salep.

Tetapi tidak selamanya antibiotik itu akan bermanfaat dengan baik bagi manusia. Jika salah dalam penggunaan maka antibiotic itu akan dapat menyebabkan penyakit baru bagi penerima antibiotic.  Suatu contoh yang sering terjadi adalah penyakit diare, pasien yang menderita penyakit diare ini biasanya akan diberi antibiotic oleh dokter. Padahal hanya sedikit penyakit diare yang memerlukan antibiotic karena hampir sebagian besar penyakit diare disebabkan oleh virus. Justru pemberian antibiotic yang tidak rasional menjadi penyebab diare. Karena pemberian yang tidak rasional dapat mengganggu keseimbangan mikroflora dalam usus, sehingga dapat menyebabkan Antibiotic Associated Diarrhea (AAD)

diare.

Antibiotic akan berfungsi membunuh kuman-kuman yang ada dalah saluran cerna manusia. Padahal dalam saluran cerna tersebut terdapat kuman yang baik dan kuman yang jahat.  Sehingga dengan pemberian antibiotic tersebut akan membunuh semua kuman-kuman yang ada pada saluran cerna kita. Sehingga akan terjadi ketidakseimbangan mikroflora.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh seorang professor di fakultas kedokteran UGM, menyebutkan bahwa seseorang yang terserang penyakit diare bisa disembuhkan tanpa pemberian antibiotic. Karena biasanya penyebab diare tersebut adalah virus, bukan bakteri. Biasanya pasien yang menkonsumsi antibiotic dalam 2 hari sudah sembuh dan mereka akan berhenti meminum antibiotic tersebut, sehingga kuman-kuman akan resisten atau kebal. Dan jika suatu saat pasien terjangkit diare lagi, maka besar kemungkinan diare tersebut tidak akan sembuh dengan antibiotic yang sama dengan yang sebelumnya. Karena kumn-kumannya sudah resisten.

Jadi yang perlu dilakukan adalah pemberian oralit kepada pasien untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu pemberian makan dan pemberian zinc sehari sekali dengan dosis 10 mg untuk anak-anak dibawah usia enam bulan dan 20 mg untuk  anak yang berusia lebih dari enam bulan selama 10 hari, Karena hal ini dapat menyembuhkan diare sepertiga kali lebih cepat.

bawah nih ada djarum black dan juga ada djarum black slimz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Maret 2009
S S R K J S M
    Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

blog award 2009

Internet Sehat

Toko Buku Online


Masukkan Code ini K1-Y56DB5-4
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Lokasi Pengunjung Online

pengunjung Online

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Berita TV One

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Blog terbaik

Blog Terbaik
%d blogger menyukai ini: